Rabu, 07 April 2010

PENANGANAN DAN PENGATURAN MUATAN

PRINSIP PENANGANAN DAN PENGATURAN MUATAN
1. MELINDUNGI KAPAL (protec the ship)
2. MELINDUNGI MUATAN (protec the cargo)
3. PEMANFAATAN RUANG MUAT SEMAKSIMAL MUNGKIN (to avoid broken cargo)
4. BONGKAR MUAT SECARACEPAT DAN TERATUR (rapid &systematic loading & discharging)
5. MELINDUNGI ABK DAN BURUH (safety of crew & longsoreman)
MELINDUNGI KAPAL,MAKA PEMBAGIAN MUATAN DIATUR SBB :
PEMBAGIAN MUATAN SECARA TEGAK (VERTICAL)
MENYANGKUT STABILITAS KAPAL
JIKA MUATAN TERPUSAT PADA BAGIAN ATAS,MAKA KAPAL AKAN MEMILIKI GM YANG KECIL DAN KONDISI KAPAL AKAN LANGSAR (TENDER)
JIKA MAUATAN TERPUSAT PADA BAGIAN BAWAH,MAKA KAPAL AKAN MEMILIKI GM YANG BESAR DAN KONDISI KAPAL AKAN KAKU (STIFF)
PEMBAGIAN SECARA MELINTANG (TRANSVERSAL)
MENYANGKUT SENGET / MIRING (LIST)
JIKA PEMBAGIAN MUATAN TIDAK BERIMBANG TERHADAP CENTRE LINE MAKA KAPAL AKAN MENGALAMI KONDISI SENGET ATAU MIRING (LIST)
PEMBAGIAN MUATAN SECARA MEMBUJUR (LONGITUDINAL)
MENYANGKUT TRIM/SAGGING DAN HOGGING
JIKA KAPAL MEMILIKI SARAT DEPAN LEBIH BESAR DARI SARAT BELAKANG,MAKA KONDISI KAPAL AKAN TRIM KEDEPAN.(TRIM BY THE AHEAD)
JIKA KAPAL MEMILIKI SARAT BELAKANG LEBIH BESAR DARI SARAT DEPAN,MAKA KONDISI KAPAL AKAN TRIM KEBELAKANG.(TRIM BY THE STERN)
JIKA MUATAN TERPUSAT PADA BAGIAN TENGAH-TENGAH KAPAL,MAKA KONDISI KAPAL AKAN MENGALAMI SAGGING.
JIKA MUATAN TERPUSAT PADA BAGIAN KADUA UJUNG-UJUNG MAKA KAPAL AKAN MENGALAMI KONDISI HOGGING

Tidak ada komentar:

Posting Komentar